Status Level II Gunung Soputan Sulawesi Utara Ini Penjelasan Kepala Balai Pemantauan Gunung Api

Media sosial beredar hari ini , aktivitas Gunung Soputan, berada di Level Dua Waspada. Gunung Soputan terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara ( MITRA ) Postingan di Medsos beredar luas hingga membuat sebagian masyarakat panik.

Terkait hal tersebut Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku, Juliana D.J Rumambi, ST berikan penjelasan.Juliana mengatakan status Gunung Api Soputan berada di level II (Waspada), sudah terjadi sejak lama. karena gunung Soputan adalah gunung berapi yang aktif “Sudah lama itu, bukan baru sekarang ini,” jelasnya, Rabu (1/5/2024).

Erupsi Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro tidak berpengaruh pada gunung api lainnya.”Setiap gunung api punya karakteristik masing-masing Jelas “, Rumambi via WhatsApp.

Beredarnya terkait foto dan video gunung api Soputan yang mengeluarkan asap erupsi.”Itu tidak ada, memang sekitaran gunung ada kabut, tapi bukan erupsi,” Mengimbau agar masyarakat tidak mudah termakan berita hoax. “, jelasNya

Untuk saat ini, tidak ada aktivitas yang signifikan dari Gunung Api Soputan, masih dalam level aman Meski begitu ada beberapa imbauan yang disampaikan kepada masyarakat, Pendaki dan wisatawan agar tidak beraktivitas dalam radius 1.5 kilometer dari puncak Gunung Soputan.

( Ren )

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *