Pemdes Aergale Serahkan Bibit Jagung Dan Pupuk Manfaatkan Dana Desa Program Ketahanan Pangan

Dalam rangka mewujudkan pelaksanaan kegiatan ketahanan pangan Dana Desa sebesar 20%, Pemerintah Desa Aergale mengadakan acara penyerahan Bibit Jagung Dan Pupuk ke masyarakat petani Jagung Degan Total Anggaran 96.060.000. Tahun Anggaran 2023.

Bantuan diserahkan secara langsung Oleh Hukum Tua Desa Aergale Stenly Pangemanan yang dalam hal ini mewakili 60 Masyarakat Petani Jagung Pada Kamis (7/12 2023 ) di BPU Desa Aergale Kecamatan Sinonsayang.

Hukum Tua Desa Aergale menyampaikan, pelaksanaan program ketahanan pangan yang di laksanakan melalui anggaran Dana Desa sebesar 20% dari pagu anggaran tahun anggaran 2023 sebagaimana amanat peraturan Presiden Republik Indonesia yang kemudian kami laksanakan dalam bentuk komoditi Jagung yg sasaran nya berupa pemberian bibit, dan pupuk kepada petani jagung Lanjutnya, Didesa Aergale terdapat 60 masyarakat petani Jagung memang . yakin melalui Program ini bisa menjadi daya tarik dan semangat para Petan jagung dalam bercocok Tanam.,”kata Pangemanan.

“Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama, oleh sebab itu sesuai dengan dukungan kebijakan Peraturan Presiden Nomor 104 tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2023 disebutkan bahwa Dana Desa ditentukan penggunaannya untuk program ketahanan pangan adalah sebesar 20%.

Lanjutnya, kebijakan yang ada tersebut, perlu dioptimalkan untuk pengembangan potensi Desa dan kawasan melalui berbagai macam komoditas pangan dengan memanfaatkan lahan lahan masyarakat, lyang telah mendapatkan ijin Penggunaan Dana Desa untuk ketahanan pangan perlu dilakukan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat, agar masyarakat memiliki kemampuan yang cukup dalam memenuhi kebutuhan pangan di secara mandiri. Dana Desa diharapkan mampu mendukung kegiatan dari mulai produksi, penyediaan lahan dan infrastruktur penunjang, pengolahan dan pemasaran hasil pertanian yang dikembangkan tersebut demi terwujudnya perekonomian rakyat yang mandiri dan sejahtera tutup “,Pangemanan.

Ren

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *