KPU Minsel Deklarasi Sahabat JDIH Pilkada 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melaksanakan kegiatan Penyuluhan Produk Hukum bersama badan Adhoc dan Stakeholder serta deklarasi Sahabat JDIH Kegiatan yang berlangsung di Novotel Manado, dimulai sejak 28 – 30 September 2024.Di kegiatan penutupan, digelar Deklarasi dan Komitmen Sahabat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH).

Menurut Tomy Moga, KPU membentuk JDIH berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum.

Tujuan JDIH dibentuk untuk kelancaran pelaksanaan tahapan pilkada di Minsel Di kegiatan penutupan, digelar Deklarasi dan Komitmen Sahabat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH).

Menurut Tomy Moga, KPU membentuk JDIH berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum.

Tujuan JDIH dibentuk untuk kelancaran pelaksanaan tahapan pilkada Tahun 2024

Deklarasi ini dihadiri oleh Pjs Bupati Minahasa Selatan Evans Liow, Kapolres AKBP. Arianto Salkery, Kajari La Ode Muhammad Nusrim, Ketua Bawaslu Eva Keinjem serta Komisioner KPU.Deklrasi serta Lima Komitmen

1. Sahabat JDIH berkomitmen membantu menyebarluaskan informasi hukum KPU Kabupaten Minahasa Selatan

2. Menjadi mitra dalam upaya membangun kesadaran hukum masyarakat demi suksesnya Pilkada Bupati dan Wakil BupatiĀ  2024.

3. Memberikan masukan kritis-positif kepada KPU dalam pelaksanaan pilkada yang berdasar kerangka hukum pemilihan serentak dan pengembangan peran JDIH KPU

4. Mendorong terwujudnya keadilan berdasarkan hukum dalam proses dan hasil serta penegakan hukum pemilihan kepala daerah tahun 2024

5. Melakukan pemberitaan pilkada berdasarkan kerangka hukum pemilihan dan prinsip prinsip kebebasan pers, keadilan pemberitaan dan norma norma hukum, hak asasi manusia, sosial dan budaya yang berlaku dalam masyarakat.

Senada deklarasi dan Komitmen Sahabat JDIH Mewakil media Oleh Donald Mamoto, PPK Douglas Panit serta ormas Reinaldo Sasundame

Komisioner KPU Minsel Tomi Moga dan Siriwulan Suoth memberikan apresiasi kepada media yang sudah hadir serta mendeklarasikan Sahabat JDIH KPU Minsel.

( Ren )

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *