by

Bupati FDW Dan Wabup PYR Evaluasi Capaian Vaksinasi Dan PBB

MINSEL-FAKTASULUT,.Bupati Minahasa Selatan Franky Donni Wongkar, SH bersama Wakil Bupati Pdt. Petra Yanni Rembang, MT, h menggelar rapat evaluasi capain Vaksinasi dan realisasi PBB T.A 2021 bersama seluruh Camat, seluruh Kepala Puskesmas 17 Kecamatan dan Dinas Kesehatan Minahasa Selatan.(11/11/21).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Waleta kantor bupati ini di hadiri Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt PETRA YANI REMBANG, Kapolres Minsel AKBP NORMAN SITINDAON, SIK., DANDIM 1302 MINAHASA LETKOL INFANTRI HERBETH ANDI AMINO SINAGA, SIP., Kepala Kejaksaan Negeri Minsel BUDI HARTONO, SH., M.HUM. diwakili Kasi Pidsus ROGER LAWRENCE VAN HERMANUS, SH., Sekda Minsel DENNY P. KAAWOAN, SE, M.SI.

Kegiatan Rakor kali ini menindaklanjuti pelaksanaan rakor yang digelar 25 Oktober 2021 lalu, yang berkosentrasi pada percepatan program vaksinasi Covid-19 di Minsel. Dalam rakor tersebut dilakukan penandatanganan kesanggupan untuk memfasilitasi, Mengawasi, dan menyelesaikan penanganan Vaksinasi COVID-19 di wilayah masing masing pada Minggu ke dua Desember 2021 akan mencapai 75%.

Capaian di bulan Oktober angka vaksinasi di Minsel Masih dibawah 50 % ini menjadi PR penting bagi Pemkab Minsel agar percepatan vaksinasi COVID-19 Dosis lengkap segera rampung di Minahasa Selatan segera mencapai Herd Immunity sehingga bukan tanpa alasan Beberapa ahli memperkirakan kemungkinan serangan Covid-19 ketiga Masih mungkin terjadi oleh karena itu pemerintah pusat hingga ke daerah terus menseriusi percepatan Program Vaksinasi COVID-19

Dalam evaluasin para camat diketahui beberapa kendala yang mengakibatkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk divaksin. Juga kurangnya tenaga kesehatan, jam aktivitas masyarakat yang pergi bekerja di saat jam oprasional vaksinasi.

Adapun beberapa Puskesmas tidak disuport dengan coolbox (tempat penyimpanan vaksin), adanya penyakit bawaan, dan sebagian besar warga masih termakan isu-isu hoax pasca vaksinasi.

Dan pada umunya seluruh camat sudah melakukan berbagai cara agar masyarakat mau divaksin. Mulai dari bekerja sama dengan tokoh-tokoh agama hingga membuka gerai-gerai vaksinansi di titik yang strategis di wilayah, hingga usaha door to door kerumah warga. Para camat juga melaporkan capaian dari sasaran vaksinasi/data manual.

penjelasan dari Dinas Kesehatan, jika adanya ketimpangan data antara kecamatan dan data Dinas Kesehatan karena banyak warga yang vaksin di gerai-gerai vaksinasi selain Puskesmas.

Diinformasikan Dinas Kesehatan p berperan aktif dalam pelaporan angka real vaksinasi lewat Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) yang dimonitor langsung Presiden.

Senada, Bupati membentuk grup di aplikasi pesan dengan seluruh camat dan pihak pihak terkait.

Semua upaya, Bupati dan Wakil Bupati coba selaraskan untuk penyeslesaian Covid-19, namun mengatasi permasalahan virus dan pandemi yang merugikan semua sektor tidaklah mudah tanpa didukung kesadaran masyarakat.

Bupati , mengapresiasi beberapa camat yang telah merespon positif dengan adanya peningkatan selang beberapa minggu sejak penanda-tangananan kesanggupan pada 25 Oktober 2021 lalu.

Namun banyak yang menjadi sorotan bupati, yakni selain masalah vaksinasi, status PPKM Minsel yang kembali ke level III, pun termasuk realisasi PBB 2021.

kemudian mengingatkan sumpah janji aparatur sipil Negara (ASN), terlebih sumpah janji jabatan para camat.

Peringatan keras , dialamatakan Bupati FDW kepada para camat untuk keseriusan dalam melaksanakan pelayanan ke masyarakat.

“Jangan musti mo ‘ancam-ancam’ dulu baru mo se tunjung kerja. Kita nimau tu sistem kerja yang sperti itu ngoni mo bawa trus. Kerja voor masayarakat itu harus tulus (Jangan mesti ‘diancam-ancam’ dulu baru kalian tunjukkan kerja. Saya tidak mau sistem kerja seperti itu kalian bawa terus. Kerja untuk masyarakat itu harus tulus,” tegas Bupati FDW.

Terlihat ketegasan seorang Bupati FDW yang dikenal sangat ramah kepada siapa saja, namun sangat beralasan karena saat pembacaan realisasi pajak PBB hanya beberapa kecamatan yang sudah.(Redaksi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed