by

Sulhan Sah Wakil Ketua DPRD Bolmong

BOLMONG-FAKTASUKUT.COM,. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Senin (18/10/2021) resmi menggelar paripurna istimewa pengucapan sumpah/janji Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Sulhan Manggabarani yang menggantikan Abdul Kadir Mangkat sebagai Wakil Ketua DPRD sisa masa jabatan 2019-2024.

Rapat yang dilaksanakan di ruang rapat paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Welty Komaling, turut dihadiri Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, Sekda Tahlis Gallang, Forkopimda, para Asisten, pimpinan OPD serta seluruh anggota DPRD.

Pelantikan Wakil ketua DPRD Bolmong Sulhan Manggabarani itu diketahui, berdasarkan surat keputusan Gubenur Sulut nomor: 100/21.5462/Sek.Ro/Pemotda tanggal 29 September 2021 tentang peresmian pemberhentian Almarhum Abdul Kadir Mangkat sebagai Wakil Ketua DPRD Bolmong masa bakti 2019-2024 dan peresmian PAW Sulhan Manggabarani sebagai Wakil Ketua DPRD Bolmong sisa masa bakti 2019-2024.

Ketua Pengadilan Kotamobagu Andri Sufari memimpin langsung pengambilan sumpah janji tersebut.

Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling saat memimpin rapat mengatakan, berdasarkan ketentuan peraturan pemerintah Nomor 12 tahun 2018, tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, dalam pasal 36 ayat 2 huruf a, menyatakan bahwa pimpinan DPRD berhenti dari jabatan sebelum berakhir masa jabatannya antara lain karena meninggal dunia. “Sementara, Pasal 39 ayat 1 peraturan pemerintah Nomor 12 tahun 2018, menyatakan bahwa pengganti pimpinan DPRD yang berhenti karena meninggal dunia, berasal dari partai politik yang sama dengan pimpinan DPRD yang berhenti, karena meninggal dunia,” ujar Komaling.

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow saat memberikan sambutan menyampaikan, selamat bertugas kepada Sulhma Manggarabarani sebagai wakil Ketua DPRD. “Selaku pribadi, keluarga, dan atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow menyampaikan ucapan selamat bertugas dan selamat berkarya kepada Suhan Manggabarani yang telah diambil sumpah-janji, dan telah resmi menjadi Wakil Ketua DPRD,” ungkap Yasti.

Pelantikan PAW Sulhan, hingga 2024 mendatang. Artinya, masih ada 3 tahun. Menurut Bupati sisa masa jabatan itu diharapkan akan menjadi waktu yang indah serta menjadi waktu yang betul-betul memberikan manfaat yang besar, kepada masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow. “Kepada almarhum Bapak Abdul Kadir Mangkat, selaku Wakil Ketua DPRD sebelumnya, yang telah memberikan sumbangsih pikiran, tenaga serta jasa dan pengabdian, selama empat periode menjadi anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow saya ucapkan terima kasih atas jasa-jasanya selama bertugas,” tuturnya.

Dalam konteks otonomi daerah di era modernisasi saat ini kata dia, eksistensi dan kinerja DPRD mutlak diperkuat dan diperhitungkan. Mengingat DPRD selain merupakan representasi rakyat di daerah, juga merupakan unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

Lanjut Bupati lagi, keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah, sangat ditentukan oleh kemampuan menjalankan tugas dan kewenangan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, sebagaimana yang diamanatkan dalam undang undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. “Dengan kedudukan itu, DPRD tentunya diharapkan dapat memperlihatkan kinerja yang optimal, dalam melaksanakan fungsi, tugas dan wewenang sebagaimana yang diamanatkan oleh peraturan perundang undangan,” ucap Yasti.(val)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed