Pertama di Sulut, 5 Miliaran Dana Sertifikasi Guru Kota Bitung Triwulan 3 Cair

0
47

FAKTASULUT.COM,BITUNG — Suasana sukacita melingkupi ratusan guru  sertifikasi di Kota Bitung.

Selasa (6/10/2020), sekira 534 guru dari 787 guru tersertifikasi di Kota Bitung menerima kucuran dana dari Pemerintah Pusat terkait kapabilitas mereka dalam dunia pendidikan, yaitu dana sertifikasi guru untuk triwulan ketiga tahun 2020 (Bulan Juli, Agustus, September), sebesar 5 (lima) miliar lebih.

Kepastian pencairan dana sertifikasi guru sekira 9 jutaan hingga 15 juta langsung ke rekening pribadi para guru tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Bitung, Julius Ondang SPd.  

Kepada awak media, Ondang mengatakan bahwa mulai Selasa (6/10) pencairan dana sertifikasi bagi para guru yang telah lengkap dokumennya, sekira  534 guru, mulai dilaksanakan. Dokumen yang telah dilengkapi, menurutnya, merupakan prasyarat bagi para Oemar Bakri untuk menerima pencairan dana.

Dokumen yang menjadi persyaratan antara lain SK Pembagian Tugas, daftar hadir,  pernyataan kepala sekolah bahwa guru yang bersangkutan benar melaksanakan tugasnya, SK dari Pusat untuk penerimaan dana tersebut, dan berbagai persyaratan administrasi pendukung lainnya sebagaimana yang telah diatur.

 Menurut Ondang, ada sekira 787 guru di Kota Bitung yang termasuk guru sertifikasi.

“Jadi ada sekira 200 an guru yang belum menerima dana ini karna dokumen pendukungnya belum lengkap. Bila mereka telah melengkapi dokumen, maka minggu ini pun dana tersebut akan segera dicairkan,” ujar mantan guru teladan ini.

Mantan Kepala Sekolah Teladan Nasional yang telah 5 kali menerima penghargaan di Istana Negara ini berharap agar para guru sertifikasi benar-benar menggunakan dana sertifikasi ini dengan baik sambil juga mengingat kewajiban dan ketentuan bahwa 20 % dari dana ini wajib digunakan oleh para guru  tersebut untuk mengembangkan potensi diri mereka dalam melaksanakan tugas sebagai guru, diantaranya pembelian alat penunjang kinerja seperti laptop dan lain-lain.

Dalam pantauan, Kota Bitung menjadi daerah pertama di Sulawesi Utara yang berhasil memperoleh pencairan  dana sertifikasi triwulan 3 tahun 2020.

“Semua ini karena ketekunan dan kedisiplinan para guru tersebut dalam hal memasukkan dokumen pesyaratan pendukung. Untuk pencairan tahap berikut, jika ada sekira 100 orang guru yang sudah memasukkan dokumen pendukung, maka dana sertifikasi mereka akan segera di proses dan mudah-mudahan dalam minggu ini sudah dicairkan,” pungkas Ondang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here