Demi Warga Lembeh, Wali Kota Bitung Terjun Langsung Serahkan BLT Lembut dan Lesat

0
125
Wali Kota Bitung Max J Lomban saat menyerahkan BLT di Kelurahan Motto Kecamatan Lembeh Utara

FAKTASULUT.COM, BITUNG–Hari ini, Kamis (20/8/2020), Wali Kota Bitung Maximilian Jonas Lomban, melaksanakan kunjungan kerja ke dua kecamatan di Pulau Lembeh; Kecamatan Lembeh Utara (Lembut) dan Lembeh Selatan (Lesat) dan langsung menyambangi beberapa kelurahan di dua kecamatan ini.

Kedatangan orang nomor satu di Kota Bitung ini nampak disambut antusias warga. Kedatangan Lomban kali ini adalah untuk memantau dan menyerahkan secara langsung bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat di berbagai kelurahan di Lembut dan Lesat.  

Dalam pantauan di tiga kelurahan awal yang dikunjungi Lomban; Motto, Lirang dan Kareko, 358 kepala keluarga (KK) menerima bantuan yang diserahkan secara langsung oleh Wali Kota sarat prestasi ini. Rinciannya, 113 KK di kelurahan Motto, 143 KK di kelurahan Lirang dan 102 KK di Kelurahan Kareko.

Penyerahan BLT di kelurahan Lirang

Kepada warga masyarakat, Lomban menyatakan,  keinginannya untuk terjun langsung melaksanakan  penyaluran BLT ini agar dirinya mengetahui keberadaan warganya dan memastikan semua yang berhak akan menerima bantuan ini, tepat sasaran dan tepat jumlah.

“Warga masyarakat Kota Bitung yang saya cintai, saya berharap bantuan yang diterima ini benar-benar dapat dipakai untuk membantu kebutuhan sehari-hari seperti untuk membeli beras atau bahan pangan lainnya, dan tidak untuk sekedar membeli pulsa atau bukan kebutuhan primer. Saya sangat berkeinginan untuk mengupayakan bantuan tunai yang lebih besar, tetapi karena dana kita terbatas maka sesuai dengan kajian, sejumlah ini yang masyarakat terima dalam bentuk tunai,” ujar Lomban.

Lomban menambahkan, bantuan langsung tunai ini dikhususkan bagi warga kurang mampu, di luar penerima bantuan APBN. Dana BLT ini sendiri diambil dari dana kelurahan, dimana nama-nama penerima bantuan di setiap kelurahan diputuskan oleh musyawarah kelurahan. Selain disalurkan dalam bentuk BLT, dana kelurahan juga disalurkan dalam bentuk  pembuatan sarana prasarana kelurahan, juga pengadaan alat protokol kesehatan bagi masyarakat seperti tong air,  sanitizer/disinfektan, masker bahkan pengadaan bahan pangan  pokok yang telah dibagikan kepada warga beberapa waktu lalu.

Warga Kelurahan Kareko nampak bersukacita saat berdialog dengan Wali Kota

“Khusus untuk masker, yang diadakan dengan anggaran dana kelurahan ini, harus dibuat oleh para warga di kelurahan ini, agar dengan demikian dana ini akan kembali ke masyarakat di kelurahan tersebut” ungkap Lomban.

Diakhir sambutannya Lomban tak bosan-bosannya mengingatkan warga Kota Bitung untuk terus melaksanakan siaga 5M untuk melawan penyebaran Covid-19, yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Makan makanan bergizi dan Olahraga secukupnya untuk meningkatkan imun tubuh, serta Memohon pertolongan Tuhan Yang Maha Esa melalui doa. (Une Filio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here