by

Serahkan BLT Secara Langsung, Wali Kota Bitung Diapresiasi Masyarakat Apela I dan II

FAKTASULUT.COM, BITUNG — Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban didampingi Assiten I Franky Ladi dan Assisten II Jefry Wowiling bersama  jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang layak menerima bantuan tersebut di kelurahan Apela I dan kelurahan Apela II, Selasa (11/8).

Mengawali penyerahan BLT, Lurah Kelurahan Apela Dua, Deitje Katrina Inaran,  dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah penduduk di kelurahannya berjumlah  718 jiwa yang masuk dalam 215 Kepala Keluarg (KK), 11 KK diantaranya adalah penerima Program Keluarga Harapan (PKH), 24 KK pnerima BPNT, 15 KK peneima Bantuan Sosial Tunai (BST), pensiunan 11 orang, 8 orang Aparatur Sipil Negara (ASN), penerima BLT DAU Tambahan 135 KK dan masyarakat di luar daerah 11 KK.

Inaran pun menyampaikan terima kasih dan rasa bangga serta apresiasi warga masyarakat kelurahan Apela atas kunjungan dan kehadiran langsung Wali Kota Bitung dalam penyerahan BLT kepada masyarakat di kelurahan Apela I dan II.

Sementara itu, kepada masyarakat di dua kelurahan tersebut, Wali Kota menyampaikan  bahwa di setiap kelurahan, dialokasikan dana sebesar Rp. 366.000.000 (tiga ratus enam puluh enam juta rupiah) dari APBD Kota Bitung. Dana ini dibahagi dua menjadi Rp. 183.000.000 (seratus delapan puluh tiga juta rupiah) setiap tahapnya.

Dari dana ini, dialokasikan sebanyak 47,5 juta rupiah untuk dibagikan kepada masyarakat dengan  perhitungan 300 ribu rupiah setiap kepala keluarga (untuk 135 kepala keluarga), sisanya untuk pengadaan tong air,  tempat cuci tangan, masker, sabun, hand sanitizer dan lain-lain.

“Selanjutnya, untuk anggaran tahap kedua,  Sekira 40 – 50 juta rupiah akan dibelikan masker kepada masyarakat, sebagaimana anjuran Pak Presiden agar setiap masyarakat wajib memakai masker dan setiap orangnya wajib memiliki sekurang-kurangnya 4 buah masker, sehingga ada gerakan semilyaran masker. Pengadaan, sosialisasi dan  pembagian masker akan dilaksanakan oleh TP PKK atau organisasi kewanitaan seperti Dharma Pertiwi dan lain-lain, hal ini pun sesuai petunjuk presiden Jokowi,” ujar Lomban.

Lanjutnya, mudah-mudahan hal ini dapat memberantas Virus Corona yang sedang melanda bumi ini.

“Dalam kaitan dengan upaya pemberantasan Virus Corona, di Kota Bitung sedang dilaksanakan program Siaga 5 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak, meningkatkan imun dengan makan bergizi dan olah raga yang teratur serta memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar virus corona ini segera diangkat dari muka bumi dan kita semua dilalukan dari virus ini,” pungkas Lomban. (Une Filio)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed