by

Penuh Kejutan Prestasi, Kejuaraan Catur WaliKota Cup Kota Bitung 2020 Sukses Digelar

FAKTASULUT.COM, BITUNG, — Kejuaraan Catur Walikota Cup Kota Bitung tahun 2020 yang diprakarsai oleh Aliansi Pemerhati Penyakit Kronis, Bakteri dan Covid-19, bersama para wartawan pencinta catur dan pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Kota Bitung Sukses Digelar, Jumat- Sabtu, 8-9 Agustus 2020.

Dalam Sambutannya saat peyerahan trophy kepada para pemenang sekaligus menutup kegiatan tersebut, Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban berharap, lewat perlombaan ini kedepannya akan muncul bibit-bibit baru pecatur handal yang akan mengharumkan nama Kota Bitung di tingkat nasional bahkan internasional.

“Kepada mereka yang terbaik, tentu saja ini menjadi motivasi ke depan untuk terus berlatih agar lebih berprestasi, dan bagi mereka yang belum mendapatkan juara  tetaplah berlatih agar  ke depannya bisa meraih juara,” ungkap Lomban.

Sementara itu, Wakil Ketua PERCASI  Sulut Harry Benjamin SH yang juga merupakan inspektur pertandingan mengatakan, peserta yang ikut dalam Kejuaraan Catur “Walikota Cup” terdiri dari dua kategori; Perorangan yang diikuti oleh 54 atlit, dan Beregu yang diikuti oleh 18 regu dengan  72 atlit. Total Atlit yang mengambil bagian adalah  126 orang.

Sebelumnya, ketika membuka kegiatan lomba ini, Ketua panitia dr Zainal Calvin Wuisang mengatakan bahwa, kejuaraan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT  ke 75 Kemerdekaan RI, dengan  tujuan  untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan dalam bentuk semangat pantang menyerah, menjunjung tinggi nilai solidaritas serta sportivitas dalam jiwa peserta pada khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya.

“Terciptanya olahragawan Catur yang potensial dan profesional, serta mempererat hubungan emosional sesama pencinta olahraga Catur Kota Bitung.”ujarnya.

Setelah pertarungan sengit dalam adu strategi tingkat tinggi, akhirnya  Servi Kaunang berhasil menjadi Jawara dalam Lomba Catur Wali Kota Cup  di kategori Perseorangan, diikuti oleh Nelson Sagune di peringkat kedua dan diperingkat Zainudin MA ketiga. Sedangkan di kategori Beregu, juara I diraih oleh regu Pesona, juara II oleh regu Dispora kota Bitung dan juara 3 regu PDAM Duasudara Bitung. Uniknya, untuk hadiah bagi juara kategori perorangan diberikan  oleh Wali Kota hingga peringkat ke 15, sedangakan untuk kategori beregu hingga peringkat ke 10.

Banyak kejutan yang terjadi pada kejuaran catur Wali Kota Bitung Cup kali ini, semisal tergesernya para jawara catur Kota Bitung ke peringkat 5 ke atas dan hadirnya para juara baru yang tidak diunggulkan. Servi Kaunang, sang Jawara kategori perseorangan adalah seorang pensiunan PNS yang cukup telaten di bidang pengabdiannya dan bukan jawara pada lomba-lomba sebelumnya, sedangkan Regu Pesona, jawara kategori beregu adalah kumpulan para sopir kendaraan online, yang berhasil menundukkan para atlit profesional Kejurda dan Kejurnas milik Pemkot Bitung.

Kejuaraan ini juga diikuti oleh para Pecatur cilik di antaranya Amrafel (12 tahun), Ken, dan Brave (8 tahun) yang berhadapan langsung dengan para pecatur senior pengamalaman lainnya. Amrafel sendiri sempat mengalahkan para pecatur senior  namun pada babak semifinal tumbang dari para seniornya dan harus puas pada peringkat 8.  (Une Filio)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed