by

Gugus Tugas Covid -19 Bitung Lakukan Operasi Gabungan

FAKTASULUT.COM, BITUNG–Gugus Tugas Covid -19 kota Bitung melalui tim gabungan TNI-Polri dan Pemkot Bitung melaksanakan Razia Pub, Cafe, Spa, resto dan tempat umum lainnya untuk memastikan dilaksanakannya protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam aktivitas usaha mereka. Hal ini terus dilakukan, menyusul angka terkonfirmasi positif Covid-19 yang begitu signifikan dan mencemaskan. Diawali dengan apel bersama, bertempat di Polsek Maesa. Sabtu,18 Juli 2020, pukul 20.00 Wita.

Hadir dan memimpin langsung operasi Tim Gabungan ini, Kapolres Bitung AKBP FX Winardi Prabowo, Dandim Letkol Inf Kusnandar Hidayat, Danyon Marhanlan VIII Letkol Mar Anugerah Santoso, Kasat Pol PP Herry Benjamin SH , Kaban Kesbangpol Drs Octavianus Tumundo, Kadis Kesehatan dr Jeaneste Watuna, Kalaks BPBD Drs Robert Wongkar MAP, Camat Aertambaga Sumeldy Maalangga, Camat Maesa Herny M. Posumah bersama para Lurah.

Operasi gabungan ini melibatkan personil Polres Bitung, Kodim Bitung, Marinir Pangkalan VIII, Kesbang Pemkot Bitung, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan juga Dinas Pariwisata Kota Bitung.

Razia ini dilaksanakan dengan berpedoman pada protokol tetap kesehatan dalam rangkaian sosialisasi kebiasaan menuju tatanan baru (new normal). Ada berbagai persyaratan yang wajib disiapkan dan atau dilaksanakan oleh pengelola usaha-usaha ini. Untuk hal ini, Tim Gugus Tugas telah menyiapkan check list yang akan diisi oleh para pengelola, selanjutnya Tim memberikan tenggang waktu 2 hari (2 x 24 jam) bagi para pengelola untuk melengkapi semua persyaratan yang diminta.

Protokol yang wajib disediakan oleh para pengelola antara lain alat pengukur suhu tubuh (thermogun), tempat cuci tangan, alat penyemprotan disinfektan, masker dan sarung tangan. Pengelola dan Pengunjung wajib memakai masker, rutin menyemprotkan disinfektan, melakukan pengukuran suhu tubuh, jarak kursi minimal 1 meter dan kapasitas orang (pengunjung) tidak lebih dari 50 % daya tampung.

Dalam apel tersebut Kapolres Bitung menyampaikan, saat ini kota Bitung sudah masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19 dengan total 123 yang terpapar, oleh sebab itu kami menghimbau para pengelola hiburan malam, restoran dan pusat keramaian agar taat pada protokol Covid-19, sehingga virus Corona tidak akan menyebar begitu luas di Kota Bitung, serta harus menaati dan menyediakan berbagai persyaratan yang ditentukan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Bitung melalui Tim BPBD Kota Bitung, ”ujarnya.

Sementara itu Kasatpol PP mengatakan, Gugus Tugas Covid-19 Bitung melalui tim gabungan TNI-Polri dan Pemkot Bitung bertujuan untuk memastikan dilaksanakannya protokol kesehetan pencegahan Covid-19 dikota Bitung, serta menegaskan bila dalam dua hari ke depan pengelola belum melengkapi dan melaksanakan protokol kesehatan yang diwajibkan, maka usaha tempat hiburan maupun restoran tersebut akan ditutup sementara waktu,” tutup Benyamin. (Une Filio)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed