Basarnas Manado Ikuti Pelatihan Penggunaan APAB, APAR dan CO2 Sistem oleh Inspektur Madya Satu Pemadam

0
167
Basarnas Manado Saat Mengikuti Pelatihan Penggunanan APAB dan APAR dengan CO2 Sistem

FAKTASULUT.COM, MINUT –Basarnas Manado bersama tim Pemadam kota Bitung melaksanakan pelatihan penggunaan APAB, APAR dan CO2 sistem oleh Inspektur Madya satu Pemadam Denny Ansiga S,Sos, bertempat di pos penjagaan pelabuhan Munte Likupang, Kabupaten Minahasa Utara. (Senin, 22 Juni 2020)

Kepada awak media, Ansiga menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada Basarnas Manado cara penggunaan APAB, APAR dan CO2 sistem (alat pemadam dalam bentuk gas) yang ada di kapal SAR Bima Sena 228.

Pelatihan bersama ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, pemberian materi tentang cara penggunakan alat pemadam api berat ( APAB), alat pemadam api ringan (APAR), CO2 sistem di ruang mesin kapal, dan materi pengenalan alat pemadam api berat ( APAB), alat pemadam api ringan (APAR) dan CO2 sistem di pos penjagaan pelabuhan Munte Likupang, ” kata Ansiga.

lanjutnya, pada intinya pelatihan ini untuk mempelajari APAR dan APAB dan CO2 sistim untuk meminimalisir terjadi kebakaran di kapal, dengan goal ABK SAR Bima Sena 228 bisa mengetahui cara mengunakan APAR dan APAB terlebihCO2 sistim untuk kebakaran mesin kapal.

Pelatihan ini merupakan ide brilian dari Suhri N.N Sinaga SE., M.M Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Manado, dan Kasat Satpol PP Bitung Herry Benyamin SH yang menyetujui pelatihan tersebut, serta membangun hubungan yang baik antara Basarnas maupun Pemadam kota Bitung dengan mengadakan pelatihan menggunakan protokol Covid-19 yaitu pemeriksaan suhu badan, cuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker.

Ansiga berharap, pelatihan ini mampu menciptakan anggota Basarnas yang handal dan profesional, sehingga pada saat penyelamatan terkait kebakaran di laut maupun di daratan, anggota Basarnas dapat mengaplikasikannya kepada warga masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Turut hadir dalam pelatihan ini, Nahkoda kapal SAR Bima Sena 228 Marnes Yudas bersama anggota Basarnas Manadodan Tim Pemadam Kota Bitung. (Une Filio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here