Gugus Tugas Transparansikan Update Penanganan Covid-19 di Bitung

0
16
Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Bitung Max J Lomban saat memimpin Konferensi Pers

FAKTASULUT.COM, Bitung, — Walikota Bitung Maxmiliaan Jonas Lomban selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bitung kembali mengundang para Jurnalis untuk menginformasikan update berbagai hal terkait penanganan pandemi Covid-19 di Kota Bitung dan juga pemberian bantuan kepada masyarakat Kota Bitung yang terdampak Covid-19, Rabu (17/6) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Walikota Bitung.

Dalam pertemuan ini, Walikota didampingi Sekretaris Daerah  Audy Pangemanan dan para Asisten Setdakot bersama Kepala Perangkat Daerah (KPD) terkait. 

Terkait penyaluran bantuan kepada masyarakat, disampaikan bahwa BPPD Kota Bitung telah menyalurkan bantuan sekira lebih dari 46.000 (empat puluh enam ribu) paket bahan pangan yang anggarannya bersumber dari APBD Kota Bitung. Ini berarti 46.000 Kepala Keluarga (KK) dari 66.000an total KK di Kota Bitung telah menerima bantun bahan pangan.

Selebihnya telah menerima bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Sosial (Kemensos) yang disalurkan melalui Dinas Sosial Kota Bitung dalam Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Penerima bantuan Kemensos ini berjumlah sekira 13.000an dan karena telah menerima bantuan yang bersumber dari APBN maka keluarga-keluarga ini tidak lagi menerima bantuan bahan pangan dari Pemkot Bitung. Selain itu ada sebagian warga yang tidak menerima bantuan baik yang bersumber dari APBD Maupun APBN. Mereka adalah para Aparatur Sipil Negara, TNI  dan Polri.

Selain jenis bantuan di atas, ada juga program bantuan sosial tunai yang bersumber dari APBD Kota Bitung yang juga disalurkan oleh Dinas Sosial kota Bitung.  Bantuan ini dikhususkan untuk para warga lanjut usia (lansia) 60 tahun ke atas dan penyandang disabilitas.

Khusus bantuan bagi lansia dan Disabilitas ini, anggaran yang disediakan Pemkot Bitung  berjumlah sekira 3,9 miliar dan masih akan bertambah lagi bila masih ada lansia atau penyandang disabilitas di Kota Bitung yang belum mendapat bantuan ini. (Une Filio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here