Pemkot Bitung Terus Salurkan Ribuan Paket Bantuan bernilai Miliaran Rupiah Bagi Warga Kota

0
18
Walikota Bitung Max J Lomban saat menyerahkan bantuan tunai bagi lansia di Kelurahan Girian Weru (4/6)

FAKTASULUT.COM, Bitung, — Walikota Bitung Maximilian Jonas Lomban dan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung terus melakukan pemantauan dan penyaluran bantuan secara langsung (simbolis) kepada semua warga Kota Bitung yang terdampak Covid-19. Hingga Kamis (4/6), Pemerintah Kota Bitung telah menyalurkan sekira 37.000 paket bantuan bahan pangan ¬†senilai lebih dari 7 miliar rupiah dan hampir 4 miliar rupiah bantuan tunai dari kas keuangan Pemkot Bitung dan akan terus menyalurkan bantuan miliaran rupiah lainnya yang telah dialokasikan Pemkot sebagai bantuan bagi Warga Kota Bitung. Ini belum terhitung bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial ¬†yang bernilai sekira miliaran rupiah lainnya yang disalurkan Pemkot Bitung melalui Dinas Sosial Kota Bitung, untuk masyarakat kurang mampu / pra sejahtera.

Hal ini terungkap dalam kunjungan Walikota bersama tim pada Kamis (4/6), di 4 Kelurahan di Kota Bitung, antara lain Kelurahan Batu Putih Atas, Kelurahan Batu Putih Bawah,  Manembo-nembo Atas dan Girian Weru.

Dalam kunjungan ini, masing-masing Lurah di setiap kelurahan melaporkan perkembangan bantuan yang diterima, baik bantuan bahan pangan maupun bantuan tunai.  Hingga Kamis (4/6), Kelurahan Batu Putih Bawah melaporkan jumlah Kepala Keluarga (KK) yang terdata sebanyak 571 KK, dimana penerima BPNT (Bahan Pangan Non Tunai) berjumlah 38 Orang, PKH (Program Keluarga Harapan) 94 orang, Bantuan Sosial Tunai (BST) 11 orang, Lansia sebanyak 197 orang. Untuk Bantuan Bahan Pangan telah diterima pada tahap 1 sebanyak 56 paket dan pada tahap 2 sebanyak 183 paket.

Penyerahan bantuan tunai kepada lansia Kelurahan Batu Putih Bawah

Untuk Kelurahan Batu Putih Atas disampaikan jumlah Kepala Keluarga (KK) yang terdata sebanyak 714 KK, dimana penerima BPNT-PKH-BST 250 orang.  Bantuan Bahan Pangan telah diterima pada tahap 1 sebanyak 48 paket dan pada tahap 2 sebanyak 303 paket.

Untuk Kelurahan Batu Putih Atas disampaikan jumlah Kepala Keluarga (KK) yang terdata sebanyak 3.419 KK, dimana penerima BPNT 71 orang, PKH 99 orang, BST 81 orang, dan bantuan bahan panbgan yang diterima pada  tahap 1 dan 2 sebanyak 1637 paket.  

Untuk Kelurahan Girian Weru, Lurah melaporkan   jumlah Kepala Keluarga (KK) yang terdata sebanyak 1.146 KK, dimana penerima BPNT-PKH-BST 101 orang, Lansia sebanyak 367 orang.  Bantuan Bahan Pangan telah diterima pada tahap 1 dan tahap 2 sebanyak 475 paket.

Untuk Bantuan Bahan Pangan terdiri atas 10 kg beras, 1 dos mie instan berisi 48 picis, dan 10 kaleng ikan kaleng kecil atau 1 kaleng besar setiap paketnya. Total nominalnya sebesar 200 ribu rupiah, sedangkan besaran bantuan tunai khusus bagi para lansia berjumlah 300 ribu rupiah. Lomban terus mengingatkan warga bila ada warga yang merasa memenuhi kriteria penerima bantuan ini (kurang mampu, terdampak atau lansia) yang belum mendapat bantuan, agar segera melapor kje aparat kelurahan untuk segera diproses untuk mendapatkan bantuan, sambil terus berpesan agar warga Kota Bitung tetap menjaga jkarak 1-2 meter dalam berkomunikasi, memakai masker bila keluar rumah dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. (Une Filio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here