Bansos Pemkot Bitung Harus Tepat Sasaran dan Tepat Jumlah!

0
35
Penyerahan Bantuan Pemkot Bitung di Kelurahan Wangurer Utara

Bitung, FaktaSulut.com, –Walikota Bitung Max J. Lomban melalui Jubir Gugus Tugas Percepatan Penananganan Covid-19 Kota Bitung, Franky Ladi, didampingi Kalaks BPBD Rudy Wongkar dan Kadiskes dr. Jeaneste Watuna, meminta semua jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung yaitu jajaran Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan yang bertugas menyalurkan bantuan Sosial (bansos) berupa bahan pangan/pokok harus benar-benar tepat sasaran dan tepat jumlah sesuai dengan jenis dan ukuran yang telah ditentukan.Hal ini ditegaskan Ladi dalam konfrensi Pers Gugus Tugas Covid-19 Bitung, Rabu (6/5).

“Sesuai arahan Pak Walikota, semua bantuan Pemkot Bitung untuk masyarakat Kota Bitung yang terdampak Pandemi Covid-19 harus benar-benar tepat sasaran, juga jumlah atau volumenya harus tepat. Tidak boleh dikurangi. Beredar isu di media sosial (medsos) bahwa ada keluarga yang menerima bantuan  beras dari pemkot hanya 5 kg. Kami tegaskan berita itu tidak benar. Bantuan dari Pemkot Bitung adalah 10 kg beras, 1 karton Mie Instan  berisi 48 picis, dan 10 kaleng Ikan Kaleng” ujar Ladi.

Penyerahan Bantuan Pemkot Bitung di Kelurahan Madidir Weru (30/4)

Lanjut Ladi, memang dilapangan tidak hanya bantuan dari Pemkot Bitung yang diterima oleh masyarakat, tetapi ada juga bantuan dari perusahaan tertentu, pribadi atau keluarga, bahkan ada pula bantuan dari pemerintah Provinsi Sulut. ”jadi kalo ada bantuan beras dalam kemasan 5 kg, berarti bantuan tersebut bukan dari Pemkot Bitung” tutur Ladi.

Ladi menambahkan, terkait bantuan bahan pangan dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota Bitung tidak menangani atau menyalurkan bantuan tersebut. Bantuan Pemerintah Provinsi Sulut disalurkan melalui tokoh-tokoh agama. “Tetapi bila ada warga ,masyarakat kota Bitung yang merasa terdampak dan membutuhkan bantuan bahan pangan namun belum menerima karena belum terdata, harap segera melaporkan ke aparat kelurahan atau kecamatan. Pasti akan mendapat bantuan” ungkap  Ladi.

Penyerahan Bantuan Pemkot Bitung di Kelurahan Madidir Ure (30/4)

Menerapkan instruksi Walikota melalui Gugus Tugas Covid-19 Bitung, Lurah Madidir Unet Rhina Tewuh menegaskan bahwa pihaknya bersama seluruh jajaran kelurahan termasuk para kepala lingkungan dan Ketua RT berusaha semaksimal mungkin secara cepat dan tepat, sesuai protokol Covid-19, menyalurkan bantuan bahan pangan Pemkot Bitung ke masyarakat.

“Nama-nama penerima bantuan kami umumkan melalui pengeras suara/toa, juga ditempelkan pada papan pengumuman dan masyarakat mengambil bantuan di Kantor Lurah menurut Lingkungan. Saat  pengambilan bantuan, masyarakat diwajibkan menerapkan phisical distancing/jaga jarak dan menggunakan masker untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19” ujar Tewu. (abg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here