by

Hadapi Pandemi Covid-19, Walikota Lomban Suport Penuh Petani Milenial Bitung

Bitung, FaktaSulut.com, –Ditengah Pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan akan berakhir, kegiatan para petani milenial (petani dari kalangan pemuda) Kota Bitung patut diapresiasi dan ditiru.   Jumat (24/4/20), para Petani Milenial Kota Bitung khususnya 3 kelompok tani di tiga Kelurahan di Kota Bitung melakukan penanaman perdananya di lahan-lahan pertanian (farm) milik 3 generasi muda Kota Bitung. Tiga Lahan tersebut adalah Nando Farm Kelurahan Pinangunian, milik petani milenial Willy Kaunang, Mahda Farm Kelurahan Kakenturan milik Mahdalena Tinamberan, ST dan Rudy Farm milik Rudy Rombot, ST.

Untuk mendapatkan arahan dan bimbingan, para petani muda yang dipimpin oleh Henry Roy Somba, ST, Ketua Petani Milenial Kota Bitung,  mengundang Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban sekaligus bersama-sama dalam proses penanaman perdana tersebut.

Dalam wejangannya kepada para generasi muda ini, Lomban menyampaikan apresiasi atas inisiatif, kepekaan dan tanggung jawab mereka mengantisipasi Pandemi Covid-19 dengan mendukung program Pemerintah Kota Bitung Lumbung Pangan Berbasis Keluarga dan Kelurahan.

Program ini telah dicanangkan Pemerintah Kota Bitung sejak tiga pekan lalu dan ternyata program ini juga selaras dengan program nasional yang dirancangkan oleh para Menteri Kabinet diantaranya Mendagri, Menteri Pertanian dan Menteri Koperasi dan PKM pada rapat Kordinasi sepekan yang lalu bahkan beberapa hari yang lalu oleh menteri Pertahanan Parabowo Subianto. Hal ini berarti, sebelum menjadi program Nasional, Kota Bitung telah mendahului melaksanakan program ini.

“Saya bangga dan mendukung penuh kegiatan para Petani Milenial ini. Kedepan petani milenial akan dipersiapkan untuk menjadi pengusaha muda di bidang pertanian (young agropreneur) yang melakukan usaha agribisnis dari hulu (budidaya) hingga ke hilir (pemasaran online). Pemkot Bitung melalui Dinas Pertanian akan membantu menyediakan bibit  dan Dinas Perdagangan akan membantu pemasaran hasil tanamnya” ujar Lomban.

Di kesempatan tersebut Roy Somba mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan studi tiru Petani Milenial Bitung di Jawa Timur pada bulan maret 2020. “Penanaman di tiga lokasi ini menandai dimulainya kegiatan penanaman di kebun-kebun petani milenial lainnya. Ada sekira 13 titik lahan pertanian milik Petani Milenial Kota Bitung yang akan segera ditanami,” ujar Somba.

Dalam pantauan, yang  sangat membanggakan bahwa para petani milenial ini dipimpin oleh para generasi muda yang telah menyelesaikan studi strata satu di berbagai bidang, diantaranya banyak yang bergelar Sarjana Teknik, juga tokoh-tokoh pemuda seperti Karang Taruna dan organisasi kepemudaan lainnya. Lomban dalam kesempatan tersebut menyerahkan bantuan berupa alat-alat pertanian sekaligus berbagai macam bibit tanaman yang akan digunakan para petani milenial. Lomban juga menyambangi dan larut dalam suasana keakraban dengan beberapa kelompok tani  yang ada di beberapa lahan pertanian yang berbeda. (abg)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed