by

Terkait Pemulangan Pasien Covid-19, GMBI Bitung: Dinkes Bitung Beri Usaha Terbaik Kok Dipersalahkan?

Bitung – FaktaSulut.Com, – Ketua LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Kota Bitung, Fahry Lamato, SH sesalkan sikap RSUP. Prof. Kandou yang telah memulangkan pasien asal Bitung yang diduga positif corona, padahal yang bersangkutan masih dalam proses pemeriksaan lanjut. Hal ini disampaikan Lamato kepada sejumlah wartawan, Jumat (10/4/2020).

Menurut Lamato, seharusnya pihak RSUP Prof. Kandow tidak cepat-cepat  mengambil keputusan dengan memulangkan pasien yang masih dalam proses pemeriksaan lanjut. “Kami menilai ini adalah bentuk kelalaian pihak rumah sakit. Sebab sesuai prosedur, pasien yang dipulangkan berarti telah sembuh total dan bukan yang dalam pemeriksaan lanjutan atau masih menunggu hasil pemeriksaan,” ujar Lamato.

Lebih parah lagi, saat pasien telah dipulangkan atas rekomendasi pihak RSUP, dengan rasa syukur dan sukacita pasien menemui keluarga dan kerabatnya, karena yakin sudah sembuh. Momen ini membuat Pasien melakukan kontak resiko dengan keluarga terdekat (istri dan anak – red), tetangga dan lainnya. Maka dengan tidak sengaja, pasien telah “menularkan” virus corona.  “Jika sudah seperti ini, siapa yang akan bertanggungjawab. Apakah pasien yang akan disalahkan dalam hal ini?. Kami berharap RSUP lebih teliti lagi,” tandasnya.

Dalam hal penanganan pencegahan Virus Corona (Covid-19), Lamato menyatakan dukungannya kepada Pemerintah Kota Bitung serta TNI/Polri dalam mengambil tindakan tegas terhadap masyarakat yang tidak mengindahkan anjuran pemerintah.

Sementara itu Reza, salah satu pengurus GMBI  menyesalkan berbagai pemberitaan yang memojokkan Dinas Kesehatan Kota  Bitung yang sesungguhnya tidak memiliki kewenangan untuk memulangkan pasien dari RSUP Prof Kandou.

“Ini aneh, Pemkot dan Dinas Kesehatan Kota Bitung yang telah berupaya keras melakukan berbagai tindakan preventif guna mencegah penyebaran Virus Corona dan tidak punya kewenangan dalam kasus ini karena  telah ditangani RSUP Prof Kandou, turut dibuli dan dipersalahkan.  Semoga kita semua tidak saling tendensius, dan benar-benar mengevaluasi setiap masalah secara objektif, untuk kebaikan kita semua. Semoga tidak ada masalah politik dalam misi kemanusiaan ini” ujarnya. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed