Pertegas Langkah Tangkal Corona, KKP Bitung Skrining Penumpang Sinabung

0
18

Bitung, FaktaSulut.com, – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bitung didukung Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bitung dan beberapa instansi terkait kepelabuhanan diantaranya PT. Pelni Bitung, PT. Pelindo IV Cabang Bitung dan Batalyon Marinir mulai mempertegas pengawasan dan tindakan pecegahan penyebaran virus corona Covid 19 melalui pintu masuk Pelabuhan Samudera Bitung, Sabtu (14/3/2020).


Kepala KKP Bitung dr. Pingkan M Pijoh, MPHM didampingi Kepala KSOP Bitung Capt Mursidi, SE, MSi bersama para pimpinan instansi terkait kepelabuhanan melakukan skrining (pemeriksaan suhu tubuh) kepada para penumpang kapal Pelni KM Sinabung yang tiba pada Sabtu, 10/3/2020 sekira pukul 22.00 Wita.
Sebelum melakukan Skrining, satuan gabungan ini melakukan sterilisasi terlebih dahulu pada sarana/prasarana terminal penumpang dengan membersihkan kursi, meja, pegangan pintu dan instalasi lainnya yang biasanya digunakan masyarakat/ penumpang kapal. Setelah dibersihkan, kemudian disterilisasi (disemprotkan) disinfektan dan atau kandungan alkohol 95 % untuk mematikan bakteri atau bahkan virus yang menempel.


Selanjutnya Petugas KKP melakukan instalasi alat skrining, mempersiapkan ruangan yang akan dipakai untuk skrining dan peralatan pembantu lainnya.
Dr Pingkan mengatakan bahwa tindakan skrining ini akan terus dilaksanakan kepada setiap penumpang yang datang melalui Pelabuhan Samudera Bitung. Peryataan ini didukung oleh Capt Mursidi yang menyatakan pihaknya akan terus mendukung KKP untuk melakukan tindakan kesehatan untuk pencegahan Covid 19 di area pelabuhan Bitung.
“Mulai hari ini (14 Maret 2020), setiap pemumpang yang turun di Pelabuhan Samudera Bitung akan diskrining. Bila kedapatan ada yang berindikasi terjangkit Virus maka akan langsung ditangani oleh petugas kesehatan” ujar Pingkan.


Dalam pantauan nampak semua Buruh Bagasi yang akan melakukan tugas pengangkutan barang penumpang, juga ikut dilakukan sterilisasi penyemprotan disinfektan oleh petugas KKP. Setelah dilakukan skrining terhadap semua penumpang Kapal Sinabung yang berjumlah sekira 400 an orang yang turun di Pelabuhan Bitung, tidak kedapatan penumpang yang sakit atau memiliki suhu tubuh mendekati atau di atas 38 derajat celsius. Hal ini merupakan salah satu indikasi awal yang baik bahwa para penumpang tersebut bebas virus corona. (abg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here