Pemkot Bitung Bantu Korban Kebakaran

0
143

Bitung, FaktaSulut.com, – Kebakaran yang terjadi pada Minggu, (23/2/2020) menyisakan kisah yang memilukan keluarga korban. Rumah Keluarga Ibu Janda Sherli Sudaryono-Karaeng di Kelurahan Winenet 2 Kecamatan Aertembaga, yang ditempatinya bersama orang tua, anak dan cucunya menjadi korban si jago merah.

Sherli menduga sumber api berasal dari arus pendek (korsleting listrik). Tiupan angin kencang membuat api berkobar lehih besar dan hanya membutuhkan waktu setengah jam untuk meludeskan rumah semi permanennya.

Ditengah deritanya, ibu janda Sherly tetap mengucap syukur karna tidak ada korban jiwa menimpa anggota kekuarganya.

Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rudy Wongkar, Kepala Dinas (kadis) Sosial Give Mose dan Kadis Kesehatan dr. Syanet Watuna turun langsung menemui keluarga korban bencana pada Senin pagi (24/2/2020).

Walikota langsung membawa bantuan kebutuhan sehari-hari seperti Ember penampung air, tikar, selimut dari Dinas Sosial dan bantuan bahan bangunan dari BPPD. Walikota juga langsung memerintahkan Dinas Catatan Sipil mengurusi administrasi kependudukan dan Dinas Pendidikan untuk segera mengurusi ijazah pendidikan yang turut terbakar.

“Saya harap para Kepala Perangkat Daerah (KPD) terkait segera membantu keluarga korban secepatnya. Jangan biarkan saudara-saudara kita yang mengalami bencana ini lebih menderita lagi. Saya telah menghubungi pengelola rumah susun agar keluarga ini boleh sementara waktu tinggal di sana” ujar Lomban.

Lomban menambahkan pihaknya akan memfasilitasi keluarga untuk mendapatkan kredit usaha rakyat dari bank dengan terlebih dahulu membantu keluarga mendapakan surat ijin usaha perdagangan (SIUP) melaluli program Ceria Mobile.

“Bila keluarga sudah memiliki tempat sendiri maka Pemkot akan mengusahakan program bedah rumah,” pungkas Lomban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here