Lomban Hadiri Pegelaran Tulude di Kakenturan Dua.

0
27

Bitung, FaktaSulut.com, – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban menghadiri pegelaran adat Tulude Kelurahan Kakenturan Dua Kecamatan Maesa, Selasa( 19/02/2020).


Diawali pemasangan paporong (topi adat) kepada Walikota Bitung sebagai Tembonang Wanua’ng, arak – arakan kue adat Tamo, diiringi musik tradisional Tagonggong mengantar Walikota bersama rombongan untuk naik diatas panggung utama, dilanjutkan dengan proses pemotongan kue adat Tamo oleh adik Gabriela Muhaling sebagai generasi penerus dari budaya Tulude yang ada di Kota Bitung.


Dalam sambutannya Lomban mengapresiasi perayaan adat Tulude yang dilaksanakan turun temurun, khususnya bagi masyarakat Kakenturan Dua dan juga apresiasi kepada seluruh panitia yang menggalang swadaya masyarakat bagi terlaksananya acara adat ini.


Lomban juga mengajak masyarakat untuk bersyukur kepada Tuhan dan terus melestarikan pagelaran adat Tulude. “Mari kita naikan syukur karena Tuhan selalu menjaga dan melindungi kita, sehingga tahun 2019 bisa kita lalui dan saat ini kita telah menapaki tahun 2020 yang masih misteri, tetapi dengan keyakinan Tuhan selalu bersama kita” ungkapnya.


Dalam kesempatan tersebut, Walikota memaparkan program pemerintah yang membantu meringankan beban masyarakat, diantaranya BPJS kesehatan melalui program Tali Kasih, beasiswa bagi siswa-siswi kurang mampu, santunan duka sebesar 2,5 juta rupiah per kejadian dan program – program pemerintah lainnya yang dirancang untuk mensejahterakan masyarakat Kota Bitung.


Walikota mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam dua kegiatan besar bagi masyarakat Kota Bitung di tahun 2020, yaitu Sensuk Penduduk Online dan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sulut serta Walikota dan Wakil Walikota Bitung.

“Sensus Penduduk sangat penting karena dari sensuslah kita peroleh basis data kependudukan dan data potensial lainnya. Berdasarkan data itulah pemerintah merancang berbagai program yang tepat guna dan tepat sasaran bagi kesejahteraan masyarakat. Jangan lupa juga tanggal 23 September 2020, kita akan memilih pemimpin kita, baik Gubernur Sulut maupun Walikota Bitung. Saya berharap semua masyarakat kota Bitung yang memiliki hak suara agar datang memberikan suaranya pada hari Pemungutan suara nanti” ujar Lomban


“Kiranya melalui pesta adat Tulude ini, kita ciptakan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat serta terus menjaga kebersamaan, baku – baku bae dan baku – baku sayang, dengan harapan Tuhan akan terus memberkati kita semua di tahun 2020 ini” pungkas Lomban.

Turut hadir, para Asisten bersama jajaran KPD, Camat Maesa Edwin Posumah, Lurah Kakenturan Dua bersama jajaran, anggota DPRD Kota Bitung Billy G Lomban dan Yondries Kansil, tokoh – tokoh agama, tokoh masyarakat. (abg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here